Koneksi PHP dan MySQL

Untuk materi ini, saya asumsikan anda sudah mampu menginstall aplikasi web server XAMPP pada komputer anda dan memahami sintaks dasar PHP.

PENDAHULUAN

?PHP adalah bahasa scripting yang kuat yang cocok untuk pengembangan HTML. ?PHP merupakan tools  yang dimanfaatkan untuk membuat web HTML menjadi dinamis. ?Sedangkan MySQL adalah database management system (DBMS) yang bersifat open source yang sangat populer di dunia. ?Dalam pengembangan web HTML dinamis, PHP berkolaborasi dengan MySQL untuk menyimpan data yang diinputkan oleh user.

INPUT DATA USER KE PHP

Setelah memahami bagaimana sintaks-sintaks dasar PHP (umumnya sangat mirip dengan sintaks bahasa C atau Java), sekarang muncul pertanyaan, bagaimana cara PHP untuk mendapatkan input dari user? ?Jika pada bahasa C atau Java kita menggunakan fungsi scanf() untuk menerima input dari user, lalu bagaimana halnya dengan PHP?

Jawabannya adalah gunakan Form HTML! ?User memasukkan data pada form, kemudian di-”tangkap” oleh server PHP. ?Dan oleh PHP, data tersebut disimpan pada variabel, kemudian diproses (atau disimpan ke database).

MEMULAI PROJECT SEDERHANA

?Asumsi bahwa anda sudah meng-install aplikasi web server, contoh: LAMPP (jika Linux), atau XAMPP (jika Windows). ?Buatlah folder baru (misal: latihan) pada folder htdoc di direktori anda menginstall XAMPP. ?Lalu buatlah sebuah file html untuk menginputkan script html form.

Direktori Project
Direktori Project

 

MEMBUAT FORM HTML

Isilah file input_nama.html dengan code sebagai berikut:

Penjelasan singkat:

?Action pada atribut form (action=“simpan_nama.php”)  bertujuan untuk memberitahu browser bahwa file tersebut yang akan memproses form HTML. ?Name pada atribut input (name=“namaku”) akan menjadi nama variabel yang akan digunakan oleh PHP untuk menangkap data input oleh user. ?Code input type=“submit” akan menghasilkan sebuah tombol yang jika klik oleh user, akan mengirimkan data form html ke file tujuan (simpan_nama.php).

PHP2
Hasil Running Sementara

 

MEMBUAT FILE PHP SEBAGAI PENERIMA DATA

?Berdasarkan form input_nama.html tersebut, akan dilanjutkan membuat file PHP yang berfungsi sebagai “penangkap” kiriman data.? Diasumsikan bahwa anda sudah mengetahui dasar-dasar sintaks PHP. ?Untuk “menangkap” data, digunakan fungsi $_GET atau $_POST, tergantung attribute method  yang digunakan pada form HTML. ?Pada contoh file input_nama.html, digunakan method=“post”.

 

GET VERSUS POST

?Method GET diproses lebih sederhana karena permintaan dikirim melalui alamat URL

?Contoh: http://aryadharmaadi.com/index.php?nama=arya&hobi=futsal

?Method POST lebih tertutup dan data tersimpan lebih aman selama pengiriman karena data tidak terlihat. Data dikirimkan melalui body of request. ?Method POST bersifat non-cacheable.

HASIL RUNNING

php3
File input_nama.html setelah dijalankan
php4
Hasil setelah menge-klik tombol “Kirim”

 

KONEKSI PHP DAN MYSQL

?Untuk menghubungkan PHP ke MySQL, dibutuhkan fungsi: mysqli_connect([string server [, string username [, string password [, string database_name [, int port_number [, string socket]]]]]])

?Contoh:

?Untuk menutup koneksi, gunakan:  mysqli_close($db);

QUERY MYSQL

?Untuk memasukkan query ke MySQL melalui PHP, digunakan fungsi: mysqli_query ( resource link_identifier, string query [, int mode = MYSQLI_STORE_RESULT]) 

?Contoh:

PREPARED STATEMENT

?Prepare Statement adalah fitur  yang digunakan untuk mengeksekusi SQL statement berulang-ulang dengan sangat efisien. ?Prepare Statement mengandung SQL Statement Template, dimana nilai yang akan dimasukkan diisi dengan tanda tanya (?)

?Contoh:

    INSERT INTO daftar_hobi (nama, hobi) VALUES (?,?)

MELANJUTKAN PROJECT

?Dari project yang pertama (input_nama.html),  akan dilanjutkan dengan memasukkan data yang diinput oleh user ke database MySQL. ?Buka http://localhost/phpmyadmin melalui browser untuk membuka tampilan MySQL. Selanjutnya, buatlah database di MySQL dengan nama “latihan” dan buat tabel dengan nama daftar_hobi”, dengan kolom sebagai berikut:

?               nama   varchar (25)

?               hobi  varchar(25)

INSERT DATA

?Untuk insert data ke database, buatlah file koneksi_db.php. ?Pada form di file input_nama.html, ubah atribut action=“simpan_nama.php” menjadi action=“koneksi_db.php” agar data dikirim ke file koneksi_db.php yang akan dibuat.

MEMBACA DATA

?Untuk membaca data pada database, digunakan fungsi: mysqli_fetch_assoc ( resource result)?Fungsi tersebut mengambil satu row dan mengubahnya menjadi array asosiatif. ?Selain itu, untuk mengetahui ada berapa baris data (row) yang didapatkan, digunakan fungsi: mysqli_num_rows ( resource result).

Hasil Running query.php:

PHP5

PENUTUP

?PHP dan MySQL dimanfaatkan untuk membentuk web HTML menjadi dinamis. ?Lebih lanjut, anda bisa mencoba bagaimana cara meng-update dan delete data pada MySQL.

DOWNLOAD SOURCE CODE DAN MATERI PDF

Jika anda ingin mendapatkan source code lengkap dari project di atas, silahkan unduh secara gratis di sini.

Selain itu, jika anda tertarik untuk mendownload dan membaca materi ini dalam bentuk PDF/Power Point, silahkan unduh secara gratis di sini. Terima kasih.

NEXT . . .

?Kombinasi JQuery, AJAX, dan PHP

REFERENSI

?http://www.webmonkey.com/2010/02/php_tutorial_for_beginners/

?http://www.hackingwithphp.com/

?http://www.w3schools.com

Comments

comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*