Source File Compilation & Make Program

?Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural yang dimana program dieksekusi per baris, dari atas ke bawah secara berurutan. ?Program yang ditulis dengan bahasa C wajib memiliki fungsi utama, yaitu main(). ?Artinya, compiler akan memulai mengeksekusi baris-baris code yang dimulai dari isi fungsi main().

DEKLARASI FUNGSI

?Jika anda membuat sebuah fungsi baru yang akan digunakan di fungsi utama, maka anda wajib mendeklarasikan prototipe fungsi tersebut di sebelah atas (sebelum) fungsi main(). ?Tujuannya adalah untuk mengenalkan terlebih dahulu daftar fungsi yang akan digunakan kepada compiler. ?Kemudian, isi dari fungsi (body) tersebut dituliskan di bagian bawah (setelah) fungsi main().

Contoh:

KOMPILASI PROGRAM

?Program yang ditulis dalam bahasa C akan disimpan dalam file dengan ekstensi *.c, contoh : hitung_nilai.c. ?File tersebut selanjutnya akan di-compile dengan menggunakan compiler C, seperti gcc. ?Hasil dari proses compile adalah file *.exe yang sudah bisa dijalankan pada OS Windows.

ADT (ABSTRACT DATA TYPE)

?ADT merupakan struktur data dan operasinya yang dibungkus bersama-sama menjadi sebuah entitas. ?Contoh sederhana, sebuah alat Counter. ?Alat tersebut menampilkan angka saat ini dan berisi tombol ‘next’ dan ‘reset’.

Counter Tools

?Artinya, dalam konsep ADT, alat tersebut ditulis sebagai berikut. Yang pertama adalah file counter.h, dimana file ini hanya mengandung struktur data bentukan dan prototipe fungsi atau prosedur untuk mengolah struktur data bentukan.

 

Berikutnya adalah file counter.c, dimana file ini mengandung isi (body) realisasi dari prototipe fungsi atau prosedur yang terdapat pada file counter.h.

PENULISAN CODE PROGRAM ADT

?Tidak seperti program sederhana yang hanya terdiri dari 1 file *.c, penulisan program dengan konsep ADT akan menghasilkan beberapa file source code yang terpisah. ?File-file tersebut terdiri dari:

  • ? 1 file *.c sebagai program utama,
  • ?1 file *.c sebagai body (isi implementasi) dari ADT (tergantung berapa jumlah ADT yang digunakan)
  • ?1 file *.h sebagai header (kerangka dan deklarasi fungsi) dari ADT (tergantung berapa ADT yang digunakan)

ILUSTRASI ADT DENGAN FILE PROGRAM UTAMA

Ilustrasi ADT dengan File Program Utama
Ilustrasi ADT dengan File Program Utama

KOMPILASI ADT

?Oleh karena program terdiri dari beberapa file, anda memerlukan perintah khusus pada gcc compiler untuk meng-compile setiap file dan menggabungkan (linking) file-file tersebut menjadi sebuah program yang utuh. ?Cara yang paling mudah adalah membuat ‘Makefile’. ?‘Makefile’ merupakan sebuah file yang berisi perintah-perintah yang akan dijalankan oleh compiler. ?‘Makefile’ memanfaatkan utilitas ‘make’ yang ada pada gcc.

MAKEFILE

?Makefile mengandung informasi mengenai perintah apa yang dikerjakan oleh utilitas ‘make’. ?Makefile umumnya tersusun atas:

  • ?Komentar : dituliskan diantara karakter # dan newline
  • ?Definisi variabel : ditulis dalam bentuk:

nama-variabel = nilai pengisi variabel

  • ?Make_rules : aturan makefile

?Sedangkan Make Rules terdiri dari:

  • ?Target : file yang harus diciptakan
  • ?Dependencies : nama-nama file yang menjadi input
  • ?Command : aksi yang harus dilakukan oleh utilitas ‘make’ untuk menciptakan target jika ada dependencies terpenuhi

?Cara penulisan make rules:

TARGET  : DEPENDENCIES

  <tab>COMMAND

CONTOH MAKE RULES

MENJALANKAN MAKEFILE

?Buka command prompt, kemudian pindah direktori ke direktori project, dan ketik make. ?Perintah tersebut akan mencari sebuah file bernama makefile pada direktori dan mengeksekusinya. ?Perintah make akan mulai dengan target pertama, yaitu program_kampus. ?Selanjutnya, karena target program_kampus memiliki dependencies ke file main.o mahasiswa.o kuliah.o, maka perintah make akan dilanjutkan ke target main.o. Dan seterusnya.

?Jadi, dengan mengetikkan perintah make pada command prompt, akan dihasilkan file program_kampus.exe yang merupakan file executable dari project yang anda kerjakan.

PENUTUP

?Makefile bermanfaat bagi anda yang ingin mempersingkat waktu compile sebuah project yang terdiri dari banyak file karena tanpa makefile, anda harus meng-compile source code satu persatu menggunakan command line.

REFERENSI

?http://mrbook.org/blog/tutorials/make/

?http://www.cs.colby.edu/maxwell/courses/tutorials/maketutor/

DOWNLOAD MATERI INI

Jika anda tertarik untuk membaca materi ini dalam bentuk powerpoint atau PDF, silahkan download secara GRATIS di sini.

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*